SIKLUS MENSTRUASI NORMAL WANITA

Standard

SIKLUS MENSTRUASI NORMAL WANITA

 

Siklus adalah kejadian yang berlangsung dan berulang terus selama kurun waktu tertentu. Jadi, siklus menstruasi normal adalah menstruasi yang berlangsung selama waktu tertentu dan berulang setiap bulan pada masa usia subur seorang wanita hingga menopausenya tiba.

Cara menghitung panjang siklus haid atau menstruasi adalah dengan menandai hari pertama terjadi pendarahan, hingga ke masa menstrusi berikutnya. Nah, jumlah hari yang ada di antara kedua masa menstruasi Anda itulah yang disebut siklus haid.

Faktor Yang Mempengaruhi Siklus

Wanita memiliki panjang siklus menstruasi yang tidak sama satu dengan yang lainnya. Hal tersebut dapat dipengaruhi oleh berbagai macam faktor antara lain, hormon estrogen yang dimiliki, tingkat stress, asupan gizi, dan juga faktor keturunan dan penyakit kewanitaan yang diderita, contohnya kista.

Biasanya, siklus menstruasi normal seorang wanita dewasa adalah sekitar 25-35 hari. Jadi, jarak antara awal pendarahan pertama kali keluar, hingga ke masa pendarahan berikutnya, adalah 25-35 hari. Hanya sedikit jumlah wanita yang memiliki siklus lebih panjang atau lebih sedikit dari masa normal tersebut. 

Apa Yang Terjadi Saat Siklus?

Siklus menstruasi adalah masa saat sel telur memulai proses pematangan di ovarium, dan lepas menuju ke tuba falopi pada hari ke-14, serta menunggu untuk dibuahi oleh sperma di sana. Jika selepas masa menunggu itu tidak juga terjadi pembuahan  maka endometrium yang terdapat di dinding rahim akan meluruh dan terjadilah menstruasi berikutnya. Perdarahan atau peluruhan endometrium dari rahim biasanya terjadi antara 3-10 hari. Itu yang normal. Beberapa wanita mengalami masa perdarahan yang lebih sedikit atau lebih banyak dari waktu tersebut.

Penyakit Saat Siklus Menstruasi

Beberapa wanita mengalami sejumlah ketidaknyamanan saat sedang mendekati masa akhir siklus menstruasi normal. Gangguan penyakit seperti sakit kepala, sakit perut, dan sakit pada persendian serta juga punggung sering membuat aktivitas mereka terganggu. Tumbuhnya jerawat, serta nafsu makan yang mendadak meningkat, juga menjadi hal yang mengurangi kepercayaan diri bagi sebagian wanita saat dalam tubuh mereka terjadi peningkatan hormon penyebab menstruasi.

Namun tak perlu khawatir . Beberapa ramuan tradisional seperti minum jamu yang terbuat dari kunyit, terbukti mampu meringankan penderitaan bulanan kaum hawa ini.

Sumber: anneahiradotcom

 

Artikel ini dapat Anda download gratis di link berikut:

Siklus Menstruasi Normal Wanita

 

Artikel lainnya:

Definisi Menstruasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s