PERAWATAN LANJUTAN UNTUK KANKER LEHER RAHIM

Standard

PERAWATAN LANJUTAN UNTUK KANKER LEHER RAHIM

Perawatan Lanjutan (Follow-Up) untuk Kanker Leher Rahim (Cervical Cancer)

Kepedulian follow-up setelah perawatan kanker leher rahim adalah penting. Bahkan ketika kanker kelihatannya telah diangkat atau dihancurkan secara penuh, penyakitnya kadangkala datang kembali karena sel-sel kanker yang tidak terdeteksi menetap entah di mana di dalam tubuh setelah perawatan. Dokter anda akan mengawasi kesembuhan anda dan memeriksa untuk terjadinya kembali kanker. Check-up membantu memastikan perubahan-perubahan apapun dalam kesehatan anda diketahui dan dirawat jika diperlukan. Check-up dapat termasuk pemeriksaan fisik dan juga tes-tes Pap dan x-rays dada. Diantara kunjungan-kunjungan yang dijadwalkan, anda harus segera menghubungi dokter jika anda mempunyai persoalan-persoalan kesehatan apa saja.

Sumber-Sumber Dukungan untuk Pasien-Pasien Kanker Leher Rahim (Cervical Cancer)

Hidup dengan penyakit yang serius seperti kanker leher rahim adalah tidak mudah. Anda mungkin khawatir tentang kepedulian kepada keluarga anda, mempertahankan pekerjaan anda, atau meneruskan aktivitas harian. Kekhwatiran-kekhwatiran tentang perawatan-perawatan dan mengendalikan efek-efek sampingan, kediaman di rumah sakit, dan biaya-biaya pengobatan adalah juga umum. Dokter-dokter, suster-suster, dan anggota-anggota lain dari regu pelayanan kesehatan dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang perawatan, pekerjaan, atau aktivitas-aktivitas lain. Pertemuan dengan seorang pekerja sosial, penasehat, atau anggota dari kependetaan dapat bermanfaat jika anda ingin berbicara tentang perasaan-perasaan dan kekhwatiran-kekhwatiran anda. Seringkali, seorang pekerja sosial dapat menyarankan sumber-sumber bantuan keuangan, transportasi, pelayanan rumah, atau dukungan emosi.

Kelompok-kelompok pendukung juga dapat membantu. Pada kelompok-kelompok ini, pasien-pasien atau anggota-anggota keluarganya bertemu dengan pasien-pasien lain atau keluarganya untuk berbagi apa yang telah mereka pelajari tentang menghadapi penyakit dan efek-efek perawatan. Kelompok-kelompok dapat menawarkan dukungan secara pribadi, melalui telepon atau internet. Anda munkin ingin berbicara dengan seseorang dari regu pelayanan kesehatan anda tentang menemukan kelompok pendukung.

Janji dari Penelitian Kanker

Dokter-dokter diseluruh negara sedang melakukan banyak tipe-tipe dari percobaan-percobaan klinik (meneliti studi-studi dimana orang-orang secara sukarela ambil bagian). Mereka sedang mempelajari cara-cara baru untuk merawat kanker leher rahim. Beberapa juga sedang mempelajari terapi-terapi yang mungkin memperbaiki kualitas hidup untuk wanita-wanita selama atau sesudah perawatan kanker.

Percobaan-percobaan klinik diciptakan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan penting dan untuk menemukan apakah pendekatan-pendekatan yang baru adalah aman dan efektif. Penelitian telah menjurus pada banyak kemajuan-kemajuan, dan peneliti-peneliti meneruskan untuk menemukan metode-metode yamg lebih efektif untuk menangani kanker.

Peneliti-peneliti sedang memeriksa pendekatan-pendekatan baru pada perawatan, termasuk obat-obat anti kanker dan kombinasi-kombinasi obat. Mereka juga sedang mempelajari metode-metode berbeda, dosis-dosis, dan jadwal-jadwal terapi radiasi. Beberapa percobaan-percobaan menggabungkan kemoterapi, operasi, dan terapi radiasi. Percobaan-percobaan lain sedang meneliti terapi biologi.

Peneliti-peneliti juga sedang mempelajari operasi untuk mengangkat simpul-simpul getah bening penjaga (sentinel lymph nodes). Sentinel lymph node adalah simpul getah bening pertama ke mana kemungkinan kanker menyebar. Sekarang ini, ahli-ahli bedah seringkali harus mengangkat banyak simpul-simpul getah bening (lymph nodes) dan memeriksa setiap dari mereka untuk kanker. Namun jika peneiti menunjukan bahwa adalah mungkin untuk mengidentifikasi sentinel lymph node (simpul getah bening yang kemungkinan besar mempunyai kanker), dokter-dokter mungkin mampu untuk menghindari lebih banyak operasi untuk mengangkat simpul-simpul getah bening lainnya.

Orang-orang yang ikut serta pada percobaan-percobaan klinik mungkin berada diantara yang pertama mendapat manfaat jika pendekatan yang baru adalah efektif. Dan bahkan jika peserta-peserta tidak mendapat manfaat secara langsung, mereka tetap membuat kontribusi yang penting pada pengobatan dengan membantu dokter-dokter belajar lebih banyak tentang penyakit dan bagaimana mengontrolnya. Meskipun percobaan-percobaan klinik dapat memperlagakan beberapa risiko-risiko, peneliti-peneliti berbuat sekuat tenaga mereka untuk melindungi pasien-pasien mereka.

Sumber: totalkesehatanandadotcom

 

Artikel ini dapat Anda download gratis di link berikut:

Perawatan Lanjutan untuk Kanker Leher Rahim

 

Artikel lainnya:

Gejala Kanker Leher Rahim

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s