PERAWATAN KANKER LEHER RAHIM

Standard

PERAWATAN KANKER LEHER RAHIM

(CERVICAL CANCER)

 

Banyak wanita-wanita dengan kanker leher rahim ingin mengambil bagian yang aktif dalam membuat keputusan-keputusan tentang perawatan medik mereka. Adalah alami berkeinginan untuk belajar semua yang anda bisa tentang penyakit anda dan pilihan-pilihan perawatan anda. Bagaimanapun, shock dan stres setelah diagnosis dapat membuatnya menjadi susah untuk memikirkan segalanya yang anda ingin tanyakan pada dokter. Adalah seringkali bermanfaat untuk membuat daftar pertanyaan-pertanyaan sebelum janji temu.

Untuk membantu mengingat apa yang dikatakan dokter, anda mungkin membuat catatan atau bertanya apakah anda dapat menggunakan suatu alat perekam (tape recorder). Anda juga mungkin ingin mempunyai seorang anggota keluarga atau teman dengan anda ketika anda berbicara dengan dokter — mengambil bagian dalam diskusi, membuat catatan-catatan, atau hanya mendengarkan.

Anda tidak perlu bertanya semua pertanyaan-pertanyaan anda seketika. Anda akan mempunyai kesempatan-kesempatan lain meminta dokter anda untuk menjelaskan hal-hal yang tidak jelas dan untuk bertanya lebih banyak informasi-informasi.

Dokter anda mungkin merujuk anda pada seorang spesialis, atau anda dapat bertanya referensi. Ahli-ahli kandungan (Gynecologists), ahli-ahli kanker kandungan (gynecologic oncologists), ahli-ahli pengobatan kanker (medical oncologists), dan ahli-ahli radiasi kanker (radiation oncologists) adalah spesialis-spesialis yang merawat kanker leher rahim.

Mendapatkan suatu pendapat/ opini kedua (second opinion)

Sebelum memulai perawatan, anda mungkin ingin pendapat (opini) kedua tentang diagnosis dan rencana perawatan. Banyak perusahaan-perusahaan asuransi menempuh pendapat kedua jika anda atau dokter anda memintanya. Itu dapat memakan beberapa waktu dan usaha untuk mengumpulkan catatan mengenai kesehatan (medical records) dan mengatur untuk menemui dokter lain. Biasanya itu bukanlah persoalan yang memakan waktu beberapa minggu untuk mendapatkan pendapat kedua. Pada kebanyakan kasus-kasus, penundaan dalam memulai perawatan tidak akan membuat perawatan berkurang efektif. Untuk memastikannya, anda harus diskusi penundaan ini dengan dokter anda. Beberapa wanita-wanita dengan kanker leher rahim memerlukan perawatan yang segera.

Ada sejumlah cara-cara untuk menemukan dokter untuk pendapat kedua:

  • Dokter anda mugkin merujuk anda pada satu atau lebih spesialis-spesialis. Pada pusat-pusat kanker, beberapa spesialis-spesialis seringkali bekerja sama sebagai suatu regu (team).
  • NCI’s Cancer Information Service, at 1-800-4-CANCER, dapat memberitahu anda tentang pusat-pusat perawatan yang berdekatan.
  • The American Board of Medical Specialties (ABMS) mempunyai dafter dari dokter-dokter yang telah mendapatkan latihan dan telah lulus ujian dalam spesialisasinya. Anda dapat mencari dokter-dokter ini pada http://www.abms.org. (Click on “Who’s Certified.”)

Persiapan untuk perawatan

Pilihan perawatan tergantung terutama dari ukuran tumor dan apakah kanker telah menyebar. Jika seorang wanita berada pada umur-umur mengandung anak, pilihan perawatan mungkin juga tergantung pada apakah ia ingin hamil suatu ketika.

Dokter anda dapat menguraikan pilihan-pilhan perawatan anda dan hasil-hasil yang diharapkan dari setiap pilihan. Anda dan dokter anda dapat bekerja sama untuk mengembangkan rencana perawatan yang memenuhi keperluan-keperluan medik anda dan nilai-nilai pribadi anda.

 

Sumber: totalkesehatanandadotcom

 

Artikel ini dapat Anda download gratis di link berikut:

Perawatan Kanker Leher Rahim

 

Artikel lainnya:

Gejala Kanker Leher Rahim

Efek Samping Perawatan Kanker Leher Rahim

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s