MENGENALI GEJALA SAKIT SAAT MENSTRUASI

Standard

MENGENALI GEJALA SAKIT SAAT MENSTRUASI

 

Tidak sedikit wanita yang mengalami sakit saat menstruasi menjelang dan selama masa bulanannya itu berlangsung. Kalangan medis menyebut gejala ini sebagai sindrom pra-menstruasi atau pre-menstruation syndrome (PMS). PMS dibagi menjadi empat golongan berdasarkan gejala yang ditimbulkan.

PMS Tipe A (anxiety)

Wanita yang mengalami gejala ini, biasanya menjelang datangnya masa menstruasi akan mengalami kecemasan, menjadi lebih sensitif, tegang, depresi ringan, serta perasaannya labil. Gejala ini biasanya terjadi karena jumlah hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh si wanita tidak seimbang. Peningkatan drastis jumlah hormon estrogen mendorong timbulnya gejala ini. Kalangan medis biasanya memberikan terapi hormon progesteron untuk mengurangi gejalanya.

Penyebab gejala PMS A yang lain adalah kekurangan mineral magnesium serta vitamin B6. Disarankan penderita untuk mengkonsumsi banyak sayur dan buah yang berserat tinggi serta mengurangi konsumsi kopi.  

PMS Tipe C (carving)     

Gejalanya adalah rasa lapar yang berlebihan dan dorongan untuk melahap makanan manis. Namun biasanya, karena konsumsi gula yang berlebihan itu, maka produksi insulin meningkat dan timbul hipoglikemia, yaitu pusing, berdebar-debar, dan rasa lelah yang kadang disusul dengan terjadinya pingsan.

Oleh karena itu, sebaiknya jika nafsu makan meningkat drastis menjelang menstruasi, maka konsumsi buah dan sayurlah yang sebaiknya diperbanyak. Makanan yang mengandung omega 6, juga magnesium akan sangat membantu pemulihan gejala sakit saat menstruasi ini.

PMS Tipe H (hyperhydration)

Ini merupakan gejala yang lebih parah dari pada kedua gejala di atas. Penderita akan mengalami edema atau pembengkakan pada anggota gerak seperti tangan dan kaki, dan payudara sakit. Hal ini terjadi disebabkan kadar garam dan gula dalam tubuh tinggi sehingga penumpukan air di jaringan luar sel terjadi. Pengurangan konsumsi garam dan gula dalam makanan yang dikonsumsi penderita akan mengurangi gejala PMS tipe H ini. 

PMS Tipe D (depression)

Seperti namanya, gejala yang paling nyata dialami oleh penderita adalah depresi. Sedih berlebihan, gampang menangis dan tersinggung, mendadak bingung dan pelupa, serta rasa ingin bunuh diri tertekan. Konsumsi vitamin B kompleks banyak membantu mengurangi gejala sakit saat menstruasi yang satu ini. Dukungan dari lingkungan untuk menjaga perasaan si penderita, serta maklum akan kondisinya yang sedang labil, akan membuat ia mampu melalui fase ini dengan mudah. Terakhir, konsumsi makanan yang sehat dan sesuai anjuran kesehatan, akan mengurangi semua gejala penyakit di atas.  

Sumber: anneahiradotcom

 

Artikel ini dapat Anda download gratis di link berikut:

Mengenali Gejala Sakit saat Menstruasi

Artikel lainnya:

Mengenal Penyakit Menstruasi

One response »

  1. Pingback: Perbedaan Miom dan Kista « Toko Kapsul Herbal

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s