MEMPELAJARI MEKANISME MENSTRUASI WANITA

Standard

MEMPELAJARI MEKANISME MENSTRUASI WANITA

 

Menstruasi adalah satu-satunya proses pada tubuh wanita yang dapat terlihat dengan kasat mata. Selain menstruasi, proses dalam tubuh tak dapat dilihat oleh mata, seperti halnya menelan makanan, atau proses aliran darah dalam tubuh. Mekanisme menstruasi yang dialami setiap wanita ini diatur oleh hormon.

Hormon ini diproduksi oleh sel yang terdapat di beberapa bagian tubuh, termasuk otak dan organ reproduksi. Hormon bertugas memberi sinyal bagi dada dan organ kelamin untuk berkembang dan memulai perubahan di masa pubertas. Hormon pula yang memberi perintah pada organ reproduksi untuk melakukan apa yang harus dilakukan pada saat proses menstruasi.

Mekanisme Menstruasi

Proses menstruasi terjadi sekali dalam sebulan ketika sel telur matang dan meninggalkan ovarium. Sel telur tersebut menuju uterus, di mana uterus mempersiapkan diri menerima sel telur yang telah subur dan siap untuk dibuahi.

Dinding uterus menjadi tebal seperti spons yang terbuat dari darah. Gunanya untuk menerima sel telur yang telah matang dan memberikan makanan serta tumpangan yang kuat jika telur tersebut menjadi seorang bayi.  Saat sel telur memasuki uterus, semua telah siap dan telur menempel pada dinding uterus, mulai berkembang dan terjadilah kehamilan.

Namun, yang sering terjadi adalah, sel telur tidak dibuahi dan ini dapat terjadi karena beberapa alasan. Misalnya, wanita tersebut tidak melakukan hubungan seksual, atau wanita tersebut menggunakan  pencegah kehamilan seperti pil atau alat kontrasepsi. Telur yang tidak dibuahi tersebut tidak dapat menempel pada dinding uterus.

Oleh sebab itu, dinding tebal yang telah terbentuk di uterus pun tak berguna maka perlahan-lahan runtuh, dan keluar melalui vagina selama 7 hingga 8 hari. Saat darah yang runtuh dari dinding uterus dan keluar melalui vagina tersebutlah disebut masa menstruasi.

Kapan Dimulainya?

Pada dasarnya, mekanisme menstruasi itu sama pada setiap remaja putri. Namun, kapan para remaja putri itu mengalami mekanisme menstruasi, masih tidak dapat ditentukan secara pasti. Setiap remaja putri akan mengalami hal yang sama pada perkembangan dada dan tumbuhnya bulu pada vagina, namun kapan remaja putri akan mengalami menstruasi, dapat terjadi pada saat yang berbeda-beda.

Menstruasi dapat terjadi saat remaja putri berusia 8 atau 9 tahun, namun ada pula yang baru mendapatkan menstruasi pertamanya saat berusia 16 atau bahkan 17 tahun. T api rata-rata menstruasi dialami remaja putri pada usia antara 11 hingga 14 tahun.

Tetapi, kapanpun menstruasi terjadi, remaja putri tersebut akan mendapat tanda-tanda awal, yaitu mulai berkembangnya dada atau mulai tumbuhnya bulu pada vaginanya.


Berapa Lama Menstruasi Berlangsung?

Hal ini juga tidak dapat diprediksi secara tepat, karena masing-masing wanita berbeda. Ada yang darahnya hanya sedikit, ada pula yang banyak. Waktunya pun seperti yang telah disebutkan, ada yang hanya 2 – 3 hari, ada juga yang hingga 7 – 8 hari.

Siklus menstruasi pada tiap wanita pun berbeda dalam hitungan harinya. Ada yang siklusnya datang sebulan sekali, ada pula yang siklusnya 26 hari, ada pula yang 32 hari. Namun rata-rata, wanita mendapatkan menstruasi setiap 28 hari.

 

Tanda-tanda Menstruasi

Tiap wanita merasakan hal yang berbeda saat menstruasi datang. Ada yang merasakan sakit pada perutnya, ada pula yang tak merasakan sakit apapun. T anda-tanda menstruasi pun dapat dirasakan oleh sebagian besar wanita, seperti pegal-pegal pada tubuhnya, dan sakit pada dadanya. Perut juga terasa kembung, dan bagi sebagian wanita dapat merasakan dirinya lebih emosional, gampang marah dan gampang sedih. Hal ini terjadi karena perubahan hormon.

Jika perut terasa kram saat menstruasi, tidak berarti tubuh Anda mengalami kelainan. Kram perut biasanya terjadi di awal menstruasi dan di hari berikutnya akan hilang dengan sendirinya. Jika Anda rajin berolah raga, kram perut yang dialami saat menstruasi dapat diminimalkan. Dan yang terutama, perbanyak minum air putih untuk menggantikan darah yang keluar dari tubuh.

 

Sumber: anneahiradotcom

 

Artikel ini dapat Anda download gratis di link berikut:

MEMPELAJARI MEKANISME MENSTRUASI WANITA

Artikel lainnya:

Definisi Menstruasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s