MASA SUBUR MENSTRUASI

Standard

MASA SUBUR MENSTRUASI

 

Buat para wanita, terutama bagi wanita dewasa yang telah berkeluarga, mengetahui waktu masa subur menstruasi sangat penting.  Hal ini penting terutama bagi mereka yang ingin cepat-cepat punya anak atau sebaliknya, ingin menjaga agar tidak cepat hamil. Masa subur menstruasi setiap wanita tidaklah sama.  Namun, pada umumnya jarak maupun interval masa subur menstruasi tidak terlalu berbeda jauh.

Arti masa subur menstruasi

Masa subur menstruasi merupakan masa di mana proses ovulasi sedang berlangsung, yaitu proses pematangan sel telur yang siap untuk dibuahi.  Jadi, jika melakukan hubungan seksual di masa subur menstruasi tersebut, kemungkinan besar untuk terjadinya kehamilan sangat tinggi.

Waktu masa subur menstruasi

Masa subur menstruasi setiap wanita memiliki siklus yang berbeda-beda.  Waktu masa subur menstruasi dapat dihitung dari saat ovulasi berlangsung yaitu pada jarak sebelum masa menstruasi berikutnya sekitar 14 hari.  Karena tidak sama tanggal dan siklus menstruasi  setiap bulannya, maka dihitung mulai dari hari pertama menstruasi bulan sebelumnya.

Nah, masa suburnya adalah tiga sampai lima hari sebelum dan sesudah hari yang telah dihitung tadi.  Yang perlu diingat adalah siklus setiap orang berbeda-beda, ada yang 28 hari, ada juga yang kurang.  Cara menghitung waktu siklus menstruasi, yaitu dari hari pertama waktu menstruasi bulan sebelumnya ke hari pertama waktu menstruasi berikutnya.

Contoh :

Misalkan siklus Anda setiap bulannya adalah 28 hari. Bulan lalu Anda mulai menstruasi tanggal 1, maka perkiraan Anda akan menstruasi lagi di bulan berikutnya sekitar tanggal 28.  Nah, 14 hari dari masa ovulasi Anda akan jatuh sekitar tanggal 14,  jadi perkiraan masa subur Anda sekitar dari tanggal 12 sampai 16.

 

Cara mengetahui masa subur menstruasi

Untuk mengetahui masa subur menstruasi, kita dapat mengamati dari ciri-ciri umum yang dimiliki oleh tubuh.  Anda dapat mengenali dan merasakannya melalui:

Suhu badan

Saat masa pematangan sel telur atau ovulasi, terjadi peningkatan suhu badan selama beberapa hari dari suhu badan normal biasanya.  Anda akan lebih merasakan badan agak panas tanpa demam. 

Suhu normal orang dewasa dalam keadaan sehat adalah 36 derajat celcius, nah suhu badan akan meningkat seiring dengan masa ovulasi menjadi sekitar 37 derajat celcius sampai 38 derajat celcius.

Lendir

Anda juga dapat mengecek sendiri di leher rahim atau serviks dan merasakan perubahan dengan adanya produksi lendir yang agak berlebih di daerah itu.  Cairan lendir ini kalau dipegang kenyal seperti jel/agar-agar dan panjang.

Selain dari dalam tubuh, kita juga dapat mengetahui masa subur menstruasi ini dengan cara menggunakan alat. Jangan ragu untuk menggunakannya jika Anda benar-benar ingin mengetahui masa subur menstruasi. Alat ini dapat dibeli di apotek atau toko obat. Alat untuk mengetahui masa subur menstruasi seperti alat test Luteinizing Hormone atau LH yang berperan dalam proses ovulasi.

Sumber: anneahiradotcom

 

Artikel ini dapat Anda download gratis di link berikut:

Masa Subur Menstruasi

 

Artikel Lainnya:

G-string

Fisiologi Menstruasi

2 responses »

  1. Pingback: MENSTRUASI ADALAH ANUGERAH BAGI WANITA « FeminineComfortBioSanitaryPad

  2. Pingback: SERBA-SERBI MENSTRUASI SETELAH MELAHIRKAN « FeminineComfortBioSanitaryPad

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s