KAPAN MENSTRUASI SETELAH MELAHIRKAN DATANG?

Standard

KAPAN MENSTRUASI SETELAH MELAHIRKAN DATANG?

 

Menstruasi adalah peristiwa terjadinya perdarahan yang keluar dari vagina karena terlepasnya dinding endometrium dari rahim atau uterus. Beberapa wanita yang belum mengalami menstruasi setelah melahirkan terkadang merasa cemas dan khawatir akan hal itu.

Seperti kita ketahui, waktu normal datangnya menstruasi adalah sekitar hari ke 14 setelah terjadi pelepasan sel telur ke saluran tuba falopi, atau biasanya disebut dengan ovulasi, yaitu saat sel telur telah matang dan siap dibuahi oleh sperma, dan rahim bersiap untuk sebuah kehamilan yang mungkin terjadi.

Setelah Melahirkan    

Setelah melahirkan, tentu rahim mengalami proses pemulihan terlebih dahulu sebelum kembali bersiap menerima sebuah kehamilan lain. Proses ovulasi juga tentu mengalami keterlambatan dari masa normal Anda. Biasanya terjadi nifas pada ibu-ibu yang usai melahirkan. Nah, menstruasi setelah melahirkan akan hadir setelah proses nifas usai.

Waktunya tidak sama antara satu wanita dengan yang lainnya. Ada yang mengalaminya setelah 40 hari usai melahirkan, namun ada juga wanita yang hingga setahun usai kelahiran anaknya, belum juga mengalami datang bulan.

Hormon Prolaktin

Perbedaan waktu tersebut dipengaruhi oleh banyak faktor, di antaranya adalah jumlah kadar hormon prolaktin dalam tubuh si Ibu. Apa itu prolaktin? Ia adalah hormon yang bertanggung jawab pada produksi ASI yang dihasilkan untuk menyusui bayi yang baru dilahirkan.

Jika Ibu menyusui bayinya terus-menerus, maka otomatis jumlah prolaktin akan meningkat. Produksi prolaktin yang tinggi akan membuat tubuh menurunkan produksi progesteron dan esterogen. Padahal kedua hormon itu bertanggung jawab atas datangnya menstruasi. Itu sebab mengapa kedatangan haid setelah melahirkan berbeda-beda pada tiap wanita.

Tetap Bisa Hamil

Belum mendapat menstruasi setelah melahirkan bukan berarti seorang wanita tidak subur atau tidak bisa mengalami kehamilan. Pada beberapa kasus, terjadi kehamilan beberapa waktu setelah seorang wanita usai nifas melahirkan. Sebabnya adalah, mereka tidak menggunakan alat kontrasepsi saat melakukan hubungan intim. 

Oleh karena itu, jika Anda belum siap untuk hamil kembali, selalu gunakan alat kontrasepsi saat berhubungan intim walaupun belum mengalami menstruasi setelah melahirkan.

Sumber: anneahiradotcom

 

Artikel ini dapat Anda download gratis di link berikut:

KAPAN MENSTRUASI SETELAH MELAHIRKAN DATANG?

 

Artikel Lainnya:

Definisi Menstruasi

Fisiologi Menstruasi

2 responses »

  1. Pingback: MEMPELAJARI MEKANISME MENSTRUASI WANITA « FC-Bio Sanitary Pad

  2. Pingback: Mencegah Toxoplasmosis « FC-Bio Sanitary Pad

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s