CARA MEMPERCEPAT MENSTRUASI

Standard

CARA MEMPERCEPAT MENSTRUASI

Cara mempercepat menstruasi dan memperlambat menstruasi telah dikembangkan di dunia kedokteran. Cara tersebut digunakan oleh beberapa orang wanita yang memiliki kesibukan karena akan bepergian jauh dan tidak ingin direpotkan dengan kehadiran menstruasi.

Menstruasi atau haid adalah pendarahan yang dialami wanita secara berkala pada vagina akibat meluruhnya sel di dinding rahim karena tidak dibuahinya sel telur wanita oleh sperma laki-laki pada masa subur.

Terjadinya menstruasi karena kerjasama yang baik dari beberapa hormon yang berasal dari kelenjar hipotalamus dan kelenjar hipofisis dalam mengendalikan fungsi ovarium sebagai pengatur siklus menstruasi.

Menstruasi yang normal pada wanita biasanya terjadi perdarahan dengan masa yang teratur yang dimulai sekitar 14 hari setelah matangnya sel telur. Meskipun menstruasi adalah sebuah siklus yang normal pada kehidupan seorang wanita, seringkali banyak yang berkeinginan untuk mempercepat ataupun sebaliknya dengan menundanya dengan alasan kesibukan.

Beberapa wanita yang menjalani long distance marriage (berpisah tempat tinggal/ pernikahan jarak jauh) dengan suaminya sering bermasalah dengan menstruasi. Mereka berharap pertemuan dalam waktu yang pendek dan jarang dengan sang suami bisa dilewatkan dengan kegiatan seksual. Menstruasi sering menghalangi kegiatan ini. Ilmu kesehatan dan beberapa agama juga tidak merekomendasikan seorang wanita yang sedang mengalami menstruasi untuk melakukan kegiatan seksual.

Beberapa agama mengharamkan hubungan seksual dengan seorang wanita yang sedang mengalami menstruasi. Bagi orang yang akan naik haji biasanya juga menggunakan cara ini, supaya bisa beribadah dengan optimal di tanah suci tanpa mengalami menstruasi. Cara-cara ini sengaja diciptakan dengan tujuan untuk mengatur siklus hormon yang mempengaruhi menstruasi.

Mempercepat dan Memperlambat Daur Menstruasi

Dunia kedokteran telah mengembangkan cara untuk memperlambat menstruasi dan cara mempercepat menstruasi ini dengan cara mengkonsumsi obat yang dapat mempengaruhi hormon. Cara ini pada dasarnya akan mengganggu siklus menstruasi dalam waktu tertentu. Siklus menstruasi akan berjalan normal kembali jika pengaruh obat pada tubuh telah habis.

Cara mempercepat menstruasi ataupun memperlambat menstruasi ini tidak dilarang jika anda ingin memanfaatkan cara ini di suatu waktu. Syaratnya anda tak boleh sembarangan menggunakan obat ini tanpa pengawasan medis yang berujung pada penyalahgunaan obat. Disarankan bagi anda yang berminat menggunakannya bisa berhubungan dengan dokter ataupun bidan untuk mengkonsultasikannya.

Gangguan menstruasi atau dikenal dengan dismenore yang kadang telah dialami selama bertahun-tahun masih tetap dianggap sebagai gangguan pada sebagian wanita. Dismenore yang berupa nyeri seringkali mengacaukan berbagai aktivitas di luar ruangan yang membutuhkan kesiapan fisik yang penuh. Para wanita seringkali berharap dalam angan-angannya supaya menstruasi yang mengganggu harusnya diakhiri saja.

Penemuan pada dunia kedokteran berupa keberhasilan medis untuk memodifikasi siklus haid telah menjadi pilihan beberapa wanita untuk mengatasi permasalahnnya ini. Beberapa dokter justru tidak menganjurkan penggunaan obat yang dijual bebas juga jamu-jamu tradisional.

Antara Daur Menstruasi dan Masa Menstruasi

Bukanlah cara mempercepat menstruasi bila anda mengkonsumsi jamu-jamu tradisional seperti kunyit-asam, kunci-sirih, teh mahkota dewa, menggunakan pembalut wanita herbal yang kini banyak beredar dan lain-lain. Jamu-jamuan itu hanyalah sebuah upaya untuk membantu memperlancar aliran darah.

Teh mahkota dewa dan juga pembalut wanita herbal misalnya, berkhasiat untuk melancarkan darah menstruasi sehingga seorang wanita yang biasanya mempunyai lama menstruasi 8 hari, setelah mengkonsumsi teh mahkota dewa juga memakai pembalut wanita herbal bisa berkurang masa menstruasinya menjadi 4-5 hari saja.

Berkurangnya masa menstruasi ini tidak mempengaruhi daur menstruasi yang telah lama berlangsung dan menjadi kebiasaan pada wanita tersebut. Cara mempercepat menstruasi ataupun memperlambatnya hanya bisa dilakukan dengan berkonsultasi kepada dokter atau bidan yang mempunyai keahlian dalam hal ini.

 

Sumber: anneahiradotcom

Artikel ini bisa Anda download gratis di link berikut:

Cara Mempercepat Menstruasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s